LAUT MERAH PENUH HIKMAH

#Motivasi diri

Ketika banyak halangan yang muncul di depan mata kita, kita seakan menganggap itu adalah sebuah masalah, namun pada hakikatnya itu adalah tanda kasih sayang Allah kepada hamba-Nya, Lha kok bisa?

Perhatikan kisah Nabi Musa a.s., ketika Nabi Musa ingin menyelamatkan Bani Israil, di saat itu sebenarnya Allah sudah menyiapkan tanah lapang yang dijanjikan di ujung sana.

Tapi ceritanya tidak akan menarik dan mungkin tidak akan mendapat hikmah jika kita menginginkan sesuatu, kemudian langsung dikasih sama Allah saat itu juga.

Ada ‘laut merah’ buat Nabi Musa, maka ada juga “Laut Merah” Ujian untuk keinginan kita.

Jika kita perhatikan, Laut Merah yang Allah bentangkan di hadapan Nabi Musa, bukan buat menghalangi atau menghambat apalagi membinasakan Nabi Musa beserta para pengikutnya, melainkan untuk menguji Ketauhidan, apakah Nabi Musa masih percaya kepada Allah atau tidak?

Apakah kawan sekalian masih percaya Allah di detik-detik terakhir, atau tidak? Atau mungkin kawan lebih percaya pada ikhtiar dan bantuan orang lain?

Allah hanya ingin mengajarkan bahwa dalam situasi sesulit apapun, fokus kita tidak boleh terbelah. Kita harus terus menyakini bahwa Allah lah yang akan menolong kita, bahwa Allah yang akan memberi solusi pada kita.

Bukan ilmu kita, bukan bos kita, bukan teman kita, bukan ikhtiar kita, bukan sistem kita, bukan hal-hal lain, melainkan Mutlak hanya Allah Subhanahu wa Ta’aala lah penolong kita. Ingatkah kita nasehat Nabi Musa ‘alaihissalam untuk para kaumnya yang diabadikan Allah dalam firman Nya :

قَالَ مُوسَىٰ لِقَوۡمِهِ ٱسۡتَعِینُوا۟ بِٱللَّهِ وَٱصۡبِرُوۤا۟ۖ إِنَّ ٱلۡأَرۡضَ لِلَّهِ یُورِثُهَا مَن یَشَاۤءُ مِنۡ عِبَادِهِۦۖ وَٱلۡعَـٰقِبَةُ لِلۡمُتَّقِینَ

Musa berkata kepada kaumnya, “Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah. Sesungguhnya bumi (ini) milik Allah; diwariskan-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan kesudahan (yang baik) adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al A’raf : 165)

So, Allah lah di atas segalanya, bersabar dan bertawakallah hanya kepadaNya, sungguh kesudahan yang baiklah bagi orang-orang yang bersabar dan bertakwa. Wallahu a’lam bishshowab.

Sumber : @channel_motivasi (dengan sedikit tambahan)

Leave a Response