Kalimat Huruf (Terjemah At Tuhfah As Saniyah)

Bab kalimat huruf (Kitab at Tuhfah as Saniyah Syarah Muqodimah al Ajurumiyah)

وَالۡحَرۡفُ مَا لَا يَصۡلُحُ مَعَهُ دَلِيلُ الۡإِسۡمِ وَلَا دَلِيلُ الۡفِعۡلِ

Huruf adalah kata yang tidak bisa di masuki oleh tanda isim dan tanda fi’il

وَأَقُولُ: يَتَمَيَّزُ الْحَرْفُ عَنْ أَخَوَيْهِ الْإِسْمِ وَالْفِعْلِ بِأَنَّهُ لَا يَصِحُّ دُخُولُ عَلَامَةٍ مِنْ عَلَامَاتِ الْأَسْمَاءِ الْمُتَقَدِّمَةِ وَلَا غَيْرِهَا عَلَيْهِ، كَمَا لَا يَصِحُّ دُخُولُ عَلَامَةٍ مِنْ عَلَامَاتِ الْأَفْعَالِ الَّتِي سَبَقَ بَيَانُهَا وَلَا غَيْرِهَا عَلَيْهِ، وَمِثْلُهُ (مِنْ) وَ (هَلْ) وَ (لَمْ) هَذِهِ الْكَلِمَاتُ الثَّلَاثُ حُرُوفٌ، لِأَنَّهَا لَا تَقْبَلُ (أَلْ) وَلَا التَّنْوِينَ، وَلَا يَجُوزُ دُخُولُ حُرُوفِ الْخَفْضِ عَلَيْهَا، فَلَا يَصِحُّ أَنْ تَقُولَ: المِنْ، وَلَا أَنْ تَقُولَ: مِنٌ، وَلَا أَنْ تَقُولَ: إِلَى مِنْ، وَكَذَلِكَ بَقِيَّةُ الْحُرُوفِ، وَأَيْضًا لَا يَصِحُّ أَنْ تَدْخُلَ عَلَيْهَا السِّينُ، وَلَا (سَوْفَ) وَلَا تَاءُ التَّأْنِيثِ السَّاكِنَةُ، وَلَا (قَدْ) وَلَا غَيْرُهَا مِمَّا هُوَ عَلَامَاتٌ عَلَى أَنَّ الْكَلِمَةَ فِعْلٌ

Huruf dibedakan dari dua saudaranya yaitu isim dan fi’il dengan cara bahwa huruf itu tidak bisa di masuki oleh salah satu dari tanda-tanda isim yang sudah di sebutkan pada bab sebelumnya.

Ia juga tidak bisa di masuki oleh salah satu dari tanda-tanda fi’il yang juga sudah lewat penjelasannya. Contohnya  (مِنْ, هَلْ, dan لَمْ). Tiga kata tersebut merupakan kalimat huruf, karena ia tidak bisa menerima (أَلْ) dan tanwin, serta tidak bisa di masuki huruf khafedh, sehingga tidak benar jika kamu katakan ?(المِنْ) atau (مِنٌ) atau (إِلَى مِنْ). Demikian pula untuk sisa huruf yang lainnya.

Kalimat huruf juga tidak bisa diawali oleh sin (س), (سَوْفَ), ta` ta`nits yang disukun (تْ), (قَدْ) dan tanda lainya yang itu merupakan tanda bagi fi’il.

Leave a Response