Jagalah Allah Niscaya Dia Akan Menjagamu

JAGALAH ALLAH TA’ALA.

عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: كنت خلف النبي ﷺ يومًا فقال : يا غلام، إني أُعلمك كلمات :

اِحفظِ اللهَ تَجٍدْهُ أَمَامَكَ، تَعَرَّفْ إلى اللهِ في الرَّخاءِ يَعرِفْكَ الش وَاعْلَم أن مَا أَخطأكَ لَمْ يَكُن لِيُصيبكَ، وَمَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُن لِيُخطِئكَ، وَاعْلَمْ أنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الفَرَجَ مَعَ الكَربِ، وَأَنَّ مَعَ العُسرِ يُسراً)

Dari Ibnul Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Suatu hari aku pernah berboncengan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda : Wahai anak muda! Sesungguhnya aku akan mengajarkan beberapa kalimat kepadamu : “Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. Kenalilah Allah di saat senang, niscaya Allah mengenalmu di saat susah. Ketahuilah, bahwa apa saja yang luput darimu, maka tidak akan pernah menimpamu. Dan apa yang menimpamu, maka tidak akan pernah luput darimu. Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan itu bersama kesulitan, dan bersama kesulitan itu ada kemudahan.” [HR. Tirmidzi no.2516, Ahmad 1:293]

Jagalah Allah dengan menjaga hak-Nya, yaitu satu -satunya Dzat yang berhak disembah dan di ibadahi.

Jagalah Allah dengan mejalankan syariat dan perintahNya serta menjahui laranganNya.Niscaya engkau akan mendapati Allah senantiasa membimbingmu barada dalam jalan Kebenaran untuk menuju Kenikmatan Hakiki yaitu surgaNya.

Kenalilah Allah dengan amal ketaatan yang Dia cintai disaat lapang. Niscaya engkau akan mendapatiNya mengenal dan menolongmu di masa masa sulitmu.

Janganlah engkau justru melupakan Allah sebagaimana orang2 munafiq, sebab Dia akan melupakanmu. Ingatlah firmanNya :

نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ

Mereka (orang-oranng munafiq) telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka.” (QS. At-Taubah: 67)

Ketahuilah, bahwa apa saja yang luput darimu, dalam artian yang tidak Allah kehendaki atas dirimu, maka tidak akan pernah menimpamu. Sebaliknya setiap apa yang menimpamu atas kehendak-Nya, maka tidak akan pernah luput darimu, dalam artian ia pasti menimpamu.

Oleh karenanya dekati dan kenalilah Allah, serta pintalah yang baik2 kepada-Nya, sungguh Allah Maha mengabulkan dan Maha Menghendaki.

Kalaupun hal yang engkau benci menimpamu, maka bersabarlah…
Sebab bersama kesabaran ada kesudahan yang baik berupa kemenangan yang hakiki.

Dan jangan lupa, sadarilah sedari awal bahwa kehidupan itu ibarat roda yang berputar, terkadang kita mendapati kelapangan dan terkadang mengalami kesulitan pahitnya kehidupan.

Namun, yakinlah setiap kesulitan pastilah berakhir, karena Allah telah berjanji,” Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan.” Bahkan janji ini diulang dua kali dalam salah satu surat-Nya, sebuah isyarat motivasi teruntuk hamba-Nya agar senatiasa bersabar dalam melewati setiap tapak kesulitan yang sedang ia jalani.

Leave a Response